Kamis, 19 Januari 2012

SALAH SIAPA.....KAH ????????

" Di jaman sekarang sering kita melihat anak dibawah umur merokok di depan umum tanpa risi dan malu......,lain dengan jaman dulu.....merokok harus sembunyi - sembunyi.......jika ketahuan tak ada ampun bagi kita di omelin orangtua......,beda dgn sekarang. Mereka tidak canggung-canggung merokok di depan orangtua . Dan orang tua pun sepertinya cuek ( kata bahasa anak-anak sekarang ) melihat anaknya merokok , tak ada kata teguran atau nasihat ttg bahaya rokok. Apa mereka tak menyadari bahaya rokok bagi kesehatan dan otak mereka yang masih sekolah. Saya sering melihat di depan rumah , pas rumah saya dekat dengan sekolah di mana tempat anak saya sekolah , jika pulang sekolah mereka kumpul di mdepan rumah saya untuk merokok....kebetulan di depan rumah ada warung yang menjual segala makanan dan minuman ringan serta rokok tak ketinggalan.Tanpa canggung-canggung mereka hisap rokok itu dalam-dalam dan menikmatinya.......Saya memang pernah bertanya kepada mereka " dik....kenapa kamu merokok ?". dengan enteng dia menjawab " buat hilangin stress habis belajar.....a ?".Saya dengar jawaban seperti itu sudah enggan tuk meneruskan untuk bertanya.....apakah dengan merokok stress mereka akan hilang setelah belajar??????.yang tau hanya dia aja.......alias pelaku yang menikmati rokok.Saya juga tidak munafik , terus terang saya juga merokok tetapi sudah saya kurangi sedikit demi sedikit........Di postingan saya ini akan dampak bahaya merokok bagi tubuh kita.....mungkin diantara blog sudah tau....tapi gak salahkan bila saya ulangi lagi.......okkkkk....
Berikut adalah beberapa dampak bahaya merokok bagi tubuh:
Paru-paru: Merokok menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). PPOK adalah penyakit progresif yang membuat seseorang sulit untuk bernapas. Banyak perokok tidak tahu bahwa mereka telah terkena penyakit ini hingga sudah terlambat. Tidak ada obat untuk penyakit ini dan tidak ada cara untuk membalikkan kerusakan.
Jantung: Karbon monoksida dari rokok mencuri oksigen darah dan mengarah pada pengembangan kolesterol mengendap di dinding arteri. Efek ini meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
Reproduksi dan Fertilitas: Pengaruh dari merokok terhadap reproduksi dan kesuburan cukup fatal. Merokok dapat meningkatkan risiko impotensi, kerusakan sperma, mengurangi jumlah sperma dan menyebabkan kanker testis.
Mulut dan Gigi: Merokok dapat menyebabkan bau mulut dan gigi bernoda. Hal ini juga dapat menyebabkan penyakit gusi dan kerusakan indera perasa. Penyebab paling serius dari merokok pada area ini adalah peningkatan risiko mengembangkan kanker pada lidah, tenggorokan, dan bibir.
Kulit: Merokok mengurangi jumlah oksigen ke kulit sehingga dapat mempercepat penuaan dan kulit tampak abu-abu.
Tulang: Merokok dapat menyebabkan tulang cepat lemah dan rapuh. Wanita terutamanya, 5-10% lebih mungkin untuk menderita osteoporosis dibandingkan non-perokok.
Perut: Merokok dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker perut dan resiko kanker ginjal, pankreas dan kandung kemih.
Kan.....bahaya sekali jika merokok.......????? yo.....kita kurangi merokok dari sekarang....terutama anak-anak sekolah berhenti dari sekarang........okkkkkk........





Tidak ada komentar:

Posting Komentar